Install BBM untuk Android 2.3.3+ Gingerbread [BETA]

Seperti yang Anda tahu, BlackBerry saat ini sedang mempersiapkan aplikasi BBM untuk Android 2.3.3 alias Gingerbread. Rencananya, aplikasi BBM untuk Gingerbread tersebut akan diliris pada bulan Februari nanti, dan sekarang masih dalam tahap uji coba versi beta.

 tersebut akan diliris pada bulan Februari nanti Install BBM untuk Android 2.3.3+ Gingerbread [BETA]

Berbicara tentang versi beta, ternyata sudah ada bocoran aplikasi BBM untuk Gingerbread (APK) yang siap di download dan diinstall pada perangkat Android Anda. Meski belum resmi diluncurkan, mendengar (membaca) kabar yang menyatakan banyak user Android Gingerbread yang telah berhasil menginstall dan menjalankan aplikasi BBM tersebut di perangkat Androidnya.

Akibat penasaran, lalu mencoba menginstall BBM di ponsel Android Gingerbread tersebut (apk dapatkan dari forum XDA). Ponsel pertama yang jadikan (kelinci) percobaan adalah Xperia Mini Pro SK17i (Android 2.3.4 Gingerbread - ARMv7) dan berhasil tanpa hambatan. Selanjutnya, mencoba lagi menginstall BBM di Galaxy Ace GST-S5830 (Android 4.2.2 Jelly Bean CM 10.1 - ARMv6), dan ternyata BBM bisa berjalan lancar.

 tersebut akan diliris pada bulan Februari nanti Install BBM untuk Android 2.3.3+ Gingerbread [BETA] tersebut akan diliris pada bulan Februari nanti Install BBM untuk Android 2.3.3+ Gingerbread [BETA]

BBM di Galaxy Ace dan Xperia Mini Pro

Agar semakin yakin bahwa BBM beta untuk Gingerbread memang benar-benar kompatibel dengan perangkat Android dengan arsitektur ARMv6, pun jalan-jalan ke grup Android Indonesia di Facebook. Ternyata di sana banyak user Galaxy Y GT-S5360 (Android Gingerbread 2.3.7 - ARMv6) yang membagikan screenshot BBM mereka. Jadi simpulkan, BBM versi beta yang bocor ini memang kompatibel dengan Android Gingerbread, baik yang menggunakan ARMv6 maupun ARMv7.

Nah, lalu bagaimana cara menginstall BBM di Android Gingerbread? Untuk saat ini, BBM beta hanya bisa diinstall pada perangkat Android yang sudah diroot, karena salah satu langkahnya membutuhkan aplikasi Titanium Backup, yang seperti Anda tahu, membutuhkan akses root.

Bila Anda mencoba memasang apk BBM beta ini pada perangkat Android yang belum memiliki akses root, kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan pada saat sign in atau proses registrasi - loading tiada akhir :D

Selanjutnya, bila Anda yakin bahwa perangkat Android Anda sudah memiliki akses root, silakan ikuti langkah-langkah menginstall BBM versi beta di Android Gingerbread (ARMv6 dan ARMv7) berikut ini.

  1. Unduh dan install aplikasi Titanium Backup (bila belum punya).

  2. Unduh file BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta Plus TB data.zip.

  3. Ekstrak file tersebut menjadi BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta.apk dan Titanium Backup-data-bbm.zip.

  4. Ekstrak file Titanium Backup-data-bbm.zip dan pindahkan dua buah file yang ada di dalamnya ke folder Titanium Backup (sdcard > Titanium Backup).

  5. Install BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta.apk, jangan dijalankan dulu.

  6. Jalankan aplikasi Titanium Backup, buka tab Backup/Restore, cari dan pilih aplikasi BBM > Restore > Data only.

  7. Tutup Titanium Backup kemudian jalankan aplikasi BBM.

  8. Bila Anda sudah memiliki akun BBM, silakan langsung Sign In, bila belum, Anda bisa membuat akun BlackBerry ID baru dengan memilih Create a BlackBerry ID.

  9. Selamat BBM-an di Android Gingerbread Anda :)


Sebagai catatan, seperti yang sudah disebutkan di atas, aplikasi BBM untuk Gingerbread ini masih dalam versi beta, jadi mungkin sekali bila ada bug atau error di dalamnya. Tidak lupa ingatkan; DWYOR (Do With Your Own Risk). Apabila Anda tidak yakin untuk menginstall BBM beta ini, silakan tunggu perilisan BBM untuk Gingerbread versi final yang resmi dari BlackBerry bulan Februari mendatang.



UPDATE 31/01/2014: Bila ponsel Android Anda belum memiliki akses root, atau ingin menginstall BBM Android Gingerbread dengan cara yang lebih mudah plus tanpa ribet, silakan mampir ke artikel Download BBM untuk Gingerbread APK tanpa ROOT untuk mendapatkan APK BBM terbaru yang dapat langsung diinstall dan dijalankan tanpa harus memakai Titanium Backup.

Post a Comment

0 Comments