Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan untuk Android

Pada artikel 10 Aplikasi Lite Android Terbaik: Ringan, Cepat, dan Hemat, sempat menyinggung tentang mobile.twitter.com. Iya, laman tersebut adalah versi ringan dari situs web Twitter. Ringan bagaimana? Yang jelas jauh lebih ringan daripada twitter.com yang biasa Anda akses via PC sob.

 laman tersebut adalah versi ringan dari situs web Twitter Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan untuk Android

Lebih lanjut, ringan dalam konteks tersebut bisa berarti cepat dimuat dan hemat kuota internet (bahkan cukup lancar meski diakses dari jaringan 2G (EDGE/GPRS). Bagaimana bisa begitu?

Berdasarkan keterangan pada blog resminya, Twitter menggunakan Progressive Web App, sebuah teknologi yang menggabungkan aplikasi dengan web untuk menghasilkan pengalaman seperti menggunakan aplikasi, akan tetapi dalam bentuk laman web, jadi tidak perlu diinstall sob.

Bagus sih, tapi rasanya tetap kurang greget kalau bentuknya cuma laman web, kenapa tidak dibikin aplikasi seperti Facebook Lite atau YouTube Go aja? Benar sekali sob, pasti lebih keren kalau ada aplikasi Twitter Lite 😉

Dan seperti yang telah Anda duga sebelumnya, Twitter akhirnya membungkus laman mobile.twitter.com ke dalam sebuah paket aplikasi Android yang dinamai Twitter Lite. Tak jauh beda dengan langkah yang ditempuh Facebook dan YouTube, saat ini Twitter Lite masih dalam tahap uji coba di negara tertentu aja, yaitu Filipina.

 laman tersebut adalah versi ringan dari situs web Twitter Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan untuk Android

Walau demikian, Anda (user Android di Indonesia) sudah bisa mencoba aplikasi Twitter Lite melalui APK yang bisa di download melalui link di akhir artikel.

UPDATE 17/08/2018: Aplikasi Twitter Lite kini sudah resmi dirilis di Indonesia sob, jadi bisa langsung di download lewat Play Store (link ada di akhir artikel).

Secara default, Twitter Lite tentu sudah diatur sedemikian rupa agar tidak rakus kuota internet, akan tetapi bila dirasa kurang hemat, Anda bisa mengaktifkan pilihan "Penghemat data" (ketuk foto profil di Beranda - Penghemat data). Saat Penghemat data aktif, foto/video yang tampil di linimasa Twitter tidak dimuat sepenuhnya sob, hanya gambar blur dan juga tombol untuk memuatnya (seperti screenshot berikut).

 laman tersebut adalah versi ringan dari situs web Twitter Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan untuk Android


Nah, semakin banyak aja aplikasi yang memiliki versi lite sob. Facebook sudah, Twitter sudah, YouTube pun demikian. Jadi kapan nih giliran Instagram Lite atau WhatsApp Lite dirilis? Kita tunggu aja sob sembari icip-icip Twitter Lite. Selamat mencoba 😊

Download Twitter Lite APK | Play Store

Post a Comment

0 Comments