Membalas Pesan WhatsApp dengan Kutipan (Quote)

Di sebuah grup WhatsApp yang ramai, terkadang Anda sulit untuk mengikuti jalannya suatu obrolan. Ini pesan untuk siapa, itu balasan untuk pesan yang mana, dan apa maksud dari semua pesan itu.

 terkadang Anda sulit untuk mengikuti jalannya suatu obrolan Membalas Pesan WhatsApp dengan Kutipan (Quote)

Hal tersebut tidak akan terjadi bila Anda mengikuti obrolan dari awal, atau setidaknya Anda tahu betul siapa aja yang sedang ngobrol beserta arah obrolan mereka. Masalah baru akan muncul bila Anda ketinggalan obrolan, kurang mengenal siapa yang sedang ngobrol, dan tidak tahu ke mana arah obrolannya.

Meminimalisir masalah itu, versi beta dari WhatsApp mendapatkan fitur baru sob, yaitu fitur untuk membalas pesan dengan kutipan atau quote. Iya, sekarang Anda bisa menyertakan (mengutip) pesan asli (pesan yang akan dibalas) di dalam pesan balasan Anda, sehingga konteksnya jelas dan mudah dimengerti oleh penerima pesan serta anggota grup lainnya (cocok untuk membalas pesan atau orang secara spesifik).

Cara mengutip pesan WhatsApp ke dalam pesan balasan Anda tidaklah sulit sob, tinggal (1) tekan tahan pesan yang akan dikutip atau dibalas, (2) pilih tombol 'reply', (3) tulis pesan balasannya, lalu kirim seperti biasa.

 terkadang Anda sulit untuk mengikuti jalannya suatu obrolan Membalas Pesan WhatsApp dengan Kutipan (Quote)

Tidak hanya pesan teks, pesan media (gambar/foto/video) pun bisa Anda kutip dan balas dengan cara yang sama. Selain di grup, fitur WhatsApp quotes tersebut juga dapat digunakan di obrolan pribadi (private message); sangat berguna bila Anda ingin mengingatkan pengirim pesan yang lupa dengan pesan yang pernah ia kirimkan. Ketika kutipan tersebut ditekan, Anda akan dibawa melompat ke pesan aslinya, sehingga Anda bisa mengetahui konteksnya dengan mudah (sekaligus menjadi bukti bahwa pesan tersebut pernah dikirim).


Saat artikel ini didi ketik, fitur kutip dan balas pesan baru tersedia di WhatsApp versi 2.16.118 beta yang bisa di download dari Play Store atau APK Mirror. Selamat mencoba :)

UPDATE 11/06/2016: Hari ini WhatsApp mendapatkan update ke versi 2.16.119 (dengan tambahan fitur reply & quote) yang langsung bisa di download dari Play Store, tak perlu download versi beta-nya sob.

___________

NB: Selain quotes, WhatsApp juga sedang mempersiapkan fitur video call, voice mail, dan dukungan animasi GIF. Pantau terus blog untuk info selanjutnya.

Post a Comment

0 Comments